10 Tips Pinterest Marketing

pinterest marketingPinterest mungkin media sosial terbesar ketiga setelah Facebook dan Twitter, tapi tetap saja ia terbilang baru dalam dunia media sosial. Para pebisnis di Pinterest secara aktif mencari untuk membuat board dan pin yang menginspirasi konsumen dan mempromosikan mereka. Dari berintegrasi dengan media sosial lain untuk penempatan pin hingga membuat kreasi gambar, terlihat banyak perusahaan yang mulai menggunakan Pinterest.

Dikutip dari buku berjudul Ultimate Guide To Pinterest For Business, berikut 10 tips Pinterest marketing untuk pemasaran bisnis Anda.

  1. Siapkan Strategi. Buat pin dengan mempertimbangkan tujuan Anda sebelum memulai. Apakah Anda ingin mendorong kenaikan traffic situs web Anda, meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan (pinterest marketing), atau memperluas customer engagement? Pilihlah gambar dan buat pin yang sesuai dengan tujuan.
  2. Amati persentase Anda. Buatlah inviting boards yang isinya 40% pin inspirasi dan motivasi, 40% pininstruksi dan edukasi, dan 20% pin tentang merek Anda – sertakan pula profil dan kontes.
  3. Be pin friendly. Pasang tombol Pinterest di situs web Anda dan berikan gambar di setiap halaman dan blog post yang dapat di-pin secara otomatis. Tambahkan pula “Follow on Pinterest” untuk mengoptimasi pinterest marketing.
  4. Promosikan pin lain. Bangun merek Anda dengan terlibat dalam komunitas dengan memberikan komentar, repining, dan memberikan like pada pin lain. Anda juga bisa memberikan tag para pengguna lain yang Anda ikuti di deskripsi pin Anda. Sehingga pinterest marketing berjalan alami.
  5. Bangun keahlian Anda. Rangkaikan kata-kata pada judul pin dan deskripsi untuk meningkatkan peringkat Google Anda dan menonjolkan keahlian Anda. Gunakan tagar untuk menekankan kata kunci dan kalimat yang mungkin dicari oleh pelanggan Anda.
  6. Promosi silang. Berhubungan dengan media sosial Anda yang lain, misalnya dengan membuat Pinterest tab di Facebook atau membuat kicauan pin Anda di Twitter.
  7. Perhatikan penempatan pin. Tempatkan pin Anda yang paling penting di sekitar tengah atas atau baris kedua dari board. Riset menunjukkan bahwa pin yang diletakkan di depan dan tengah mendapat persentase viewer tertinggi.
  8. Berikan barang menarik. Tingkatkan traffic ke situs web Anda dengan menawarkan barang-barang gratis seperti e-books atau podcasts melalui deskripsi pin. Berdasarkan riset Pinerly atau yang sekarang bernama Reachli – perusahaan pengukuran media, pin yang mengajak pengguna untuk beraksi mendapatkan peningkatan 80% pinterest marketing dalam engagement.
  9. Go multimedia. Buat board Anda menjadi interaktif dengan berbagi video, screencasts dan podcasts.Pin multimedia yang baik menyertakan: tutorial, demo produk, tur behind the scene, dan kutipan dari persentasi dan webinars.
  10. Amati analisis Pin. Gunakan fitur Pinterest Web Analytic untuk mengetahui mana saja pin yang paling banyak dilihat. Dari data tersebut Anda bisa menyusun strategi pinterest marketing selanjutnya.

 

Sumber: Entrepreneur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *