googling before buying

Cari Tahu Dulu Sebelum Membeli

googling before buying
googling before buying

Era digital membuat informasi di internet menjadi acuan penting dalam kehidupan manusia modern. Orang menggunakan informasi internet untuk mengetahui banyak hal, mulai dari kejadian yang baru-baru ini terjadi, tren terbaru saat ini, hingga menentukan barang apa yang harus dibeli.

Kami menyadari betul adanya fenomena pengaruh besar informasi yang berada di internet. Kami juga menemukan fenomena ini dalam kehidupan sehari-hari, bahkan dalam hal yang remeh-temeh sekalipun. Misal, ada salah satu teman kantor  yang baru kembali bekerja setelah cuti. Tidak banyak yang berubah dari dia, kecuali wajahnya yang terlihat berbeda. Tentu saja ini menimbulkan pertanyaan di kalangan karyawati yang lain, “Pakai krim wajah baru? Merk apa?”

Sambil tersipu, karyawati tersebut menyebutkan sebuah merk kosmetik impor terkenal. Apa yang terjadi selanjutnya? Jam makan siang hari itu dihabiskan para karyawati kami untuk mencari tahu tentang produk kosmetik yang dipakai oleh karyawati yang baru saja kembali dari cuti tersebut.

Mereka mencari tahu informasi tentang produk tersebut, tentang harganya, dan  review  produk kecantikan tersebut. Mereka juga mulai membanding-bandingkan dengan produk lain, sebelum akhirnya sebagian dari mereka memutuskan untuk membeli produk yang dimaksud.

Fenomena ini jauh berbeda dari apa yang terjadi di masa lalu. Di masa lalu, jika  Anda mengetahui teman Anda memakai produk tertentu, Anda akan mencari tahu informasinya dari dia, kemudian datang ke konter atau toko yang menjual barang tersebut dan melakukan “penelitian” dengan membaca brosur atau detail produknya, kemudian memutuskan untuk membelinya.

zero moment of truth

Proses tersebut telah banyak berubah saat ini, para konsumen tidak lagi hanya mengalami apa yang disebut sebagai first moment of truth dan second moment of truth seperti keterangan di atas.

Di era modern ini, konsumen juga mengenal yang dinamakan sebagai Zero Moment of Truth (ZMOT) seperti pada bagan di bawah ini:

zero moment of truth

Pada skema tersebut, bisa diketahui bahwa ZMOT adalah sebuah periode di mana calon konsumen menggunakan internet untuk mencari tahu informasi yang akan menjadi dasar keputusan untuk melakukan pembelian.

Tidak hanya sampai di situ, konsumen yang akhirnya menggunakan produk atau layanan tersebut akan memberikan feedback  dalam bentuk review maupun sekedar status di media sosial yang akhirnya bisa menjadi sumber ZMOT bagi calon konsumen lainnya yang mencari informasi tentang produk tersebut.

Berdasarkan data dari TNS Female Shoppers Study, Q4 2012, ternyata 54% konsumen di Indonesia melakukan pencarian informasi di internet sebelum memutuskan untuk membeli. Dengan demikian jelaslah bahwa jika produk atau layanan yang kita miliki tidak berada di internet, kita akan kehilangan lebih dari separuh calon konsumen.

Cara yang paling mudah untuk “berada di internet” adalah dengan memiliki website. Pertanyaannya, sudahkah produk atau layanan Anda tampil di internet? Terdeteksi oleh mesin pencari? Jika belum, segeralah bangun website dan optimasi agar semakin banyak orang yang mendapatkan informasi tentang produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan. []

Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *