hosting

Memilih Hosting Untuk Bisnis Online, Ini Tipsnya!

memilih hostingWeb atau situs merupakan komponen terpenting dalam internet marketing. Kalo kita lihat Internet Marketing Tree, web menjadi batang tubuh pohon. Ranting-rantingnya menjadi jalan masuk ke web. Mulai dari email marketing, SEO, atau Social Media Marketing. Makanya kita mesti jeli dalam memilih hosting. Agar web yang jadi andalan kita untuk jualan, tetep terjaga. Dari segi eksistensi dan kestablian di dunia maya.

Penyedia hosting makin banyak beriklan di internet. Saking banyaknya, konsumen pun bingun memilih. Mana yang bagus dan terpercaya. Nah, biar gak terlalu bingung, saya pengen berbagi tips memilih hosting. Pertimbangan apa yang mesti diprioritaskan. Untuk dapatkan hosting yang oke punya. Langsung aja!

Pertimbangan dalam Memilih Hosting

  • Fitur dan kapasitas yang ditawarkan

Cari penyedia hosting yang ngasih penawaran dan feature sesuai dengan kebutuhan Anda yang canggih, lengkap dan mampu beradaptasi dengan perkembangan situs. Jangan sampai kejebak oleh penawaran bombastis dengan harga murah namun feature terbatas. Bisa bikin repot ke depannya. Kebayang kan kalo trafik web kita udah bagus, eh ada masalah dengan server. Capek deh!

  • Harga yang ditawarkan

Biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas. Jangan tergiur memilih hosting dengan tawaran harga murah, karena harga nggak pernah bohong. Hindari penyedia hosting yang menawarkan kapasitas berlebih (space besar berpuluh atau ratus gigabyte dan bandwidth besar beratus atau ribu gigabyte) dengan harga yang terlalu murah, penyedia hosting yang demikian hanya melakukan overselling, menjual jauh melebihi kapasitas yang mereka miliki sebenarnya.

  • Proses Aktivasi Cepat

Jangan sampai ada waktu kita terbuang cuman buat nunggu aktivasi domain yang kita beli setelah memilih hosting. Pastikan proses aktivasi web tidak lebih dari satu hari. Atau lebih baik jika hanya dalam hitungan menit. Sehingga proses web development bisa lebih cepat diupload ke server.

  • Layanan Konsumen 24 Jam

Penyedia jasa hosting profesional selalu standby untuk melayani konsumen. Jam berapa pun dilayani. Nggak pake alasan lagi makan siang atau di luar jam kantor. Karena boleh jadi banyak klien yang justru memanfaatkan koneksi internat untuk upload web di luar jam kerja untuk menghindari high traffic.

  • Periksa Hardware dan Jaringan

Web server anda ketika memilih hosting harus tetap hidup non-stop dan bisa diakses dari mana saja. Untuk itu membutuhkan hardware kelas utama dan jaringan internasional besar. Apalagi pada generasi web versi kedua ini dimana situs internet saling berhubungan satu sama lain. Banyak penyedia hosting yang berada pada jaringan IIX tidak mempunyai koneksi international yang cukup untuk berkomunikasi dengan situs lainnya, atau bahkan mengirim/menerima email sekalipun.

  • Jaminan Uptime dan Data Anda

Profesionalisme menuntut tranparansi. Periksalah sebelum memilih hosting, apakah sebuah hosting memberikan jaminan pada data anda yang didukung oleh perjanjian layanan dan kompensasi jika tidak terpenuhi. Banyak penyedia hosting yang hanya menyebutkan uptime besar tanpa didukung fasilitas untuk memeriksa dan perjanjian untuk keamanan anda.

  • Resiko

Setiap keputusan mengandung resiko, termasuk ketika memilih hosting. Pertimbangkan masak-masak resiko yang mungkin dihadapi dalam memilih hosting, baik resiko terbaik maupun resiko terburuk. Beberapa web hosting mungkin menyediakan fasilitas free trial(mencoba dulu selama beberapa hari) tetapi mungkin saja setelah beberapa bulan anda menemukan masalah dan ingin berpindah hosting tapi menghadapi masalah lain seperti tidak adanya jaminan uang kembali dan susahnya proses transfer keluar dari penyedia hosting tersebut.

 

Semoga pertimbangan di atas bisa membantu Anda memilih hositng yang tepat. Terutama untuk bisnis online. Selamat mencari![341]

Hosting Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *